Sabtu, 15 Desember 2012

JANJI TIDAK AKAN MEMAKAN IKAN SEMBILANG.

  True Story ...





  




  
Janji Tidak Akan Memakan Ikan Sembilang....

Pada suatu hari saya menerima tamu dari kampung halaman saya Batu Bara suami dari kakak sepupu saya. ketika itu dia saya bawa makan ke rumah makan di Kisaran.
saya melihat di lemari kaca rumah makan itu ada beberapa ikan sembilang yg agak besar dan sudah digulai asam dan baru saja siap dimasak....lalu saya memesan untuk kami makan bersama.
Abang ipar saya itu malah memesan ikan lain, dan menggeser ikan sembilang yg telah dihidangkan di atas meja makan agak menjauh dari dia. Saya heran dan bertanya apa dia tak suka ikan sembilang ?
Katanya kepasda saya : sebetulnya abang suka makan ikan sembilang, tapi tak berani.
kenapa pulak bang tak berani ?
Begini ceritanya dik katanya,.... dulu datuk ( atuk )  abang  pernah karam  dan  hanyut di tengah laut Batu Bara pada malam  hari,  karena  sampan  atau perahu nya pecah dihantam oleh angin ribut-petir,  
Dalam keadaan yg menakutkan  tersebut, datuknya ( atuknya ) berdo'a untuk  memohon keselamatan kepada Allah SWT.
Dengan ijin dan pertolongan Allah SWT, tak berapa lama kemudian datanglah segerombolan
Ikan  sembilang menghampiri tubuhnya, lalu mendorong tubuhnya secara beramai-ramai bergerak dalam jarak  yg cukup jauh  hingga datuknya  selamat sampai terdampar ke suatu daratan ( pulau kecil ).
Setelah datuk beliau selamat ke daratan, lalu datuknya tersebut memanjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT,...sembari mengucapkan semacam janji bahwa beliau akan melarang semua anak dan cucu…keturunan nya untuk :  tidak  akan   memakan ikan sembilang di kemudian hari.....sebagai suatu janji dan komitmen moral yg kuat...
Itulah sebabnya kenapa abang ipar saya tersebut tidak berani untuk memakan gulai asam ikan sembilang  tersebut,  karena takut melanggar larangan datuknya dan takut akan melanggar janji yg sudah dibuat oleh datuknya tersebut…….dikuatirkan akan menimbulkan  penyakit atau  suatu mudharat.~

Wallahu 'alam bissawab.~