Jumat, 28 Maret 2014

Memahami Makna Allahu Akbar ( Allah Maha Besar ).


Makna Allahu Akbar ( Allah Maha Besar ).
Maha besar itu...adalah Tuhan beserta Ilmunya, Kuasanya, kehendakNya, ZatNya.
(Tuhan Maha Esa dgn Zat, Sifat, Asma, dan Af'alNya ).
Jadi kata Maha Besar itu bukan dlm arti fisik yg seolah mau menyamakanNya dgn baharu. Bentuk fisik itu sesuatu ( makhluk ), sdgkan Tuhan bukan sesuatu tapi Maha Pencipta segala sesuatu. Tuhan bukan Zat tapi Robbil "Izzati...Maha Pencipta sekalian Zat.
Kata Maha BesarNya Tuhan itu bukan berarti kita membanding2kan Tuhan dgn selainNya atau dgn sekalian makhluk ciptaanNya, melainkan utk menunjukkan bahwa Dia Maha Meliputi segala sesuatu sampai ke zarrah-zarrahnya serta Tuhan tdk ada tafsiranNya...tdk serupa dgn Baharu sekalian alam dan sekalian makhluk2Nya....istilahnya Laysa Kamitslihi Syaiun.
Jadi kata Maha Besar itu utk menunjukkan bahwa pemikiran dan pemahaman manusia/ sekalian makhluk tdk mampu utk menjangkauNya, krn sekalian makhluk itu sgt terbatas pemikiran dan segala kemampuannya.
Tuhan adalah unik, nirtara ( tdk ada taranya ), tdk ada batasannya.....Maha Absolute ( Mutlak )..tdk terbatas..tdk terhingga. Maha segala2nya..Maha dari Segalanya...singkat kata Maha Sempurna.
Tuhan bukan sesuatu…Tuhan bukan ruang , tdk memerlukan ruang, dan tdk mengambil tempat…Dia Maha berdiri dgn sendiriNya ( Qiyamuhu binafsihi ). Tuhan tdk ada arahNya, tdk ada atas bawahNya, tdk ada kiri kanan, tdk ada muka belakangNya. Dia Maha Laysa Kamitslihi Syaiun …tdk ada tafsiranNya.