Minggu, 27 April 2014

Ikhtiar...



Ikhtiar...
Ikhtiar wajib tapi bukan satu jaminan pasti berhasil, karena ikhtiar itu bukan Tuhan. Sejatinya ikhtiar untuk menambah keta'atan kita pada Allah, menambah ibadah kita pada Allah.. Itulah ikhtiar.
Kalau tidak ikhtiar dari mana punya uang, mau makan dari mana kalau tidak ikhtiar, tidak boleh kita berkata dan berkeyakinan seperti itu, sebab masalah rizki itu urusan Allah Swt., mau didatangkan melalui ikhtiar atau tidak yang penting kita melakukan ikhtiar, karena diperintahkan oleh Allah Swt.
Jangan punya keyakinan kalau tidak ikhtiar akan mati, karena ikhtiar bukan Tuhan. Mau diberi atau tidak, itu urusan Allah. Ikhtiar hakikatnya untuk melaksanakan syariat ( Perintah Allah SWT ) dan sebagai melaksanakan Ibadah juga.
Manusia kan hanya bisa berikhtiar ( termasuk berdo'a ) dgn menyandarkan segala ikhtiarnya ( bertawaqqal ) kepada Allah SWT.
Ingat : Perbuatan manusia ( makhluk ) tdk memberi bekas, sedangkan yg bisa memberi bekas ( menentukan, menjadikan dan mengadakan segala sesuatu ) hanya perbuatan Allah SWT Yg Maha Kuasa dan Maha Berkehendak dgn sekehendakNya.