Kamis, 17 April 2014

Man prosposes but God disposes.


Man prosposes but God disposes.
Manusia yg berencana tapi Tuhan yg menentukan ( bagaimana hasilnya ).
Tiada daya dan kuasa sekalian makhluk, kecuali dengan Allah.
Kuasa dan Kehendak Allah menentukan segalanya dan di atas segalanya.
Tuhan menyatakan segala KehendakNya dgn KuasaNya.
Berserah dirilah senantiasa kepada Allah..berbaik sangka dan pasrahkan segala keinginan, hajat, dan rencana kita kepada KehendakNya, Insya Allah kehendak kita akan dicukupkan dan mendapat pertolonganNya.
Mohonkanlah yg terbaik utk kita menurut KehendakNya bukan menurut kehendak kita dan yakinlah bahwa Allah Yg Maha Pengasih lagi Maha Penyayang lebih mengetahui apa yg terbaik utk kita.
Segala yg terjadi pd hakikatnya adalah KehendakNya bukan kehendak makhluk.
INNAMA AMRUHU IDZA ARODA SYAI’AN AYYAQULA LAHU KUN FAYAKUN.


Manusia hanya bisa berencana dan berikhtiar utk mewujudkan rencananya, namun segala sesuatunya hanya Tuhan yg menentukannya. Olehkarena itu manusia juga wajib berbaik sangka, berdo'a dan bertawaqqal kepada Allah SWT serta ikhlas menerima ketentuanNya.
Di dalam ilmu tauhid baharu tidak bisa memberi bekas. Artinya, manusia tidak bisa mengadakan yang “tidak ada” menjadi “ada”. Perbuatan manusia itu tashilul hasil, manusia hanya bisa mengubah bentuk dari yang sudah “ada” kepada bentuk yg lain dgn ijin Tuhan ( Bi Iznillah ). Sedangkan Tuhan, Perbuatan-Nya memberi bekas; bisa mengadakan / menciptakan yang “tidak ada” menjadi “ada”.